3 Jenis AC Yang Paling Banyak Digunakan

Saat ini AC adalah barang wajib yang ada disetiap perumahan ataupun perkantoran. Sejauh ini perkembangan AC terbilang cukup pesat, hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya Jenis AC yang beredar di pasaran. Dari sekian banyak Jenis AC, semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

jenis ac changhong img

Nah, untuk anda yang belum mengetahui jenis-jenis AC simaklah ulasan lengkapnya berikut ini:

1. AC Split Wall

AC Split Wall merupakan jenis AC yang paling banyak digunakan di perumahan dan kantor-kantor kecil. Proses instalasinya terdiri dari 2 unit. Yaitu unit outdoor dan unit indoor. Pada unit outdoor, didalamnya ada compressor AC. Kelebihan dari Jenis AC Split Wall yaitu bentuknya mempunyai banyak varian, suaranya tidak berisik dan satu unit outdoor dapat dipakai banyak unit indoor.

Sedangkan kekurangannya adalah proses pembongkaran dan pemasangan yang cukup sulit. Anda harus membuat lobang dinding terlebih dahulu. Selain itu,  kontrol yang menggunakan remote akan berbahaya jika remote tersebut hilang.

2. AC Floor Standing

Berbeda dengan jenis AC Split Wall,  AC Floor Standing hanya terdiri dari unit indoor saja. Di dalam unit AC Floor Standing terdapat tank yang berfungsi sebagai penampung air. Air tersebut merupakan komponen untuk menghasilkan udara dingin. Pada umumnya, AC jenis ini dipakai pada ruangan yang luas.

Kelebihan dari AC ini adalah proses pemasangan yang sangat mudah tanpa perlu melubangi dinding. Selain itu,  bentuknya yang portable memudahkan AC ini untuk dipindahkan. Sedangkan kekurangannya adalah suara yang dihasilkan cukup berisik, memerlukan daya cukup besar dan perawatan AC yang harus lebih telaten.

3. AC Split Duct

Jenis AC Split Duct merupakan AC yang banyak digunakan di gedung-gedung besar, misalnya saja Mall. AC ini mendistribusikan hawa dingin di seluruh ruangan dengan sistem ducting. Untuk mengontrol tinggi rendahnya suhu yang dikeluarkan, biasanya AC ini memiliki satu titik kontrol.

Kelebihan yang dimiliki AC Split Duck adalah suara tidak berisik, suhu dingin lebih optimal ke seluruh sudut ruangan dan estetika ruangan tetap terjaga. Sementara itu kekurangannya adalah biaya pemasangan yang cukup mahal, perawatan yang lebih ribet dan bila terjadi kerusakan maka seluruh ruangan akan terkena dampaknya.

Demikianlah tiga Jenis AC yang paling banyak digunakan. Semoga bisa menjadi referensi dan membantu anda dalam memilih AC. Untuk konsultasi tipe AC yang cocok dengan ruangan anda bisa menghubungi CMS Maintenance. Menyediakan berbagai merk dan jenis AC untuk perumahan, gedung, kantor, pabrik, dll. Gratis survey untuk wilayah kota Jakarta.

Comments for this post are closed.