ac central atau ac sentral img

4 Komponen AC Central yang Ada di Ruangan

Sistem AC Central menggunakan proses pendinginan udara yang berpusat disatu lokasi yang setelah itu didistribusikan / dialirkan ke segala arah atau lokasi. AC jenis ini biasanya dipilih jika sebuah gedung memiliki banyak ruangan dan memerlukan kebutuhan suhu yang hampir seragam, juga untuk mempermudah penyetelan nya. Sistem AC central mempunyai beberapa komponen utama yakni unit pendingin atau Chiller, Cooling Tower, Unit pengatur udara atau Air Handling Unit (AHU), sistem pemipaan, sistem saluran udara (ducting dan system control) dan juga kelistrikan.

Komponen yang Ada di AC Central

Berikut ini akan dijelaskan 4 komponen AC central ruangan beserta cara kerjanya dan juga Preventif Maintenance AC Sentral Ruangan:

1. Chiller (unit pendingin)
Chiller merupakan mesin refrigerasi yang memiliki fungsi untuk mendinginkan air pada sisi evaporatornya. Selanjutnya, air dingin yang telah dihasilkan didistribusikan kedalam mesin penukar kalor (FCU / Fan Coil Unit). Jenis – jenis dari chiller didasarkan pada jenis kompressornya adalah: reciprocating, screw dan centrifugal. Sedangkan jenis chiller yang didasarkan pada jenis cara pendinginan kondensornya adalah air cooler dan water cooler.

ac central atau ac sentral img

2. AHU (Air Handling Unit) / Unit Penanganan Udara
AHU merupakan sebuah mesin penukar kalor, dimana udara panas yang berasal dari ruangan dihembuskan melalui coil pendingin yang ada didalam AHU. Setelah itu berubh menjadi udara dingin yang kemudian didistribusikan ke ruangan.

3. Cooling Tower (khusus untuk chiller jenis Water Cooler).
Cooling tower merupakan suatu mesin yang berperan dalam mendinginkan air yang digunakan pendinginan condenssor chiller. Hal ini dilakukan dengan cara melewati air panas pada filamen pada cooling tower yang dihembuskan oleh udara sekitar dengan menggunakan blower yang memiliki suhu lebih rendah.

4. Pompa Sirkulasi.
Terdapat dua jenis pompa sirkulasi, yakni:
– Pompa Sirkulasi air pendingin (Condenser Water Pump).
– Pompa sirkulasi air dingin (Chilled Water Pump) yang memiliki fungsi mensirkulasikan air dingin dari Chiller ke Koil pendingin AHU / FCU.

Pompa tersebut berfungsi untuk mensirkulasikan air pendingin dari kondensor Chiller ke Cooling Tower dan seterusnya. Pompa tersebut hanya digunakan untuk Chiller jenis Water Cooled. Demikianlah ulasan mengenai komponen – komponen AC Central.  Semoga bermanfaat.

Comments for this post are closed.